Headlines News :
Home » » Pemkab Diminta Bayar Tunggakan Rp2 Miliar ke RSUD Bekasi

Pemkab Diminta Bayar Tunggakan Rp2 Miliar ke RSUD Bekasi

Written By gdfgdgdfg on Selasa, 11 Desember 2012 | 01.13.00

"Bila tunggakan ini tidak segera dilunasi, RSUD bisa bangkrut, seperti yang terjadi di RSUD Garut."

Anggota Komisi IX DPR RI, Rieke Diah Pitaloka, mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi untuk segera melunasi tunggakan Jamkesda sebesar Rp2 miliar kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bekasi. Tunggakan sebesar ini belum dilunasi Pemkab Bekasi sejak Maret 2011.

"Bila tunggakan ini tidak segera dilunasi, RSUD bisa bangkrut, seperti yang terjadi di RSUD Garut," kata Rieke, saat mengunjungi RSUD Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Jabar), hari ini.

Politisi PDIP ini juga mengkritik minimnya ketersediaan pelayanan kesehatan di Kabupaten Bekasi.

"Bayangkan, dengan jumlah populasi 2,7 juta jiwa di Kabupaten Bekasi, hanya dilayani oleh satu RSUD dan 7 puskesmas rawat inap. Jelas ini tidak cukup untuk melayani warga tidak mampu di Kabupaten Bekasi," katanya.

Rieke juga mengkritik kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar terkait ketersediaan fasilitas kesehatan bagi warganya.

"Dengan jumlah 16 ribu ruang rawat inap untuk Kelas 3 di seluruh rumah sakit dan puskesmas di Jawa Barat, digunakan untuk menampung sekitar 15 juta peserta Jamkesmas dan Jamkesda. Jelas ini tidak cukup dan mustahil. Diperlukan ada penambahan RSUD maupun puskesmas bagi warga tidak mampu di kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Jawa Barat," kata Rieke.

Puskesmas Plus
Sementara itu, Ketua Komite Medik RSUD Kabupaten Bekasi, dr Abdul Waris, mengatakan rumah sakit milik pemerintah daerah ini memang memiliki sarana dan prasarana yang masih jauh di bawah standar, serta tenaga medis yang belum mencukupi.

"Sarana dan prasarana di rumah sakit ini hanya seperti di puskesmas plus. Tenaga medis yang ada masih sebatas sub-spesialis," ujar Abdul.

Abdul mencontohkan tenaga medis untuk bedah ortopedi yang belum ada di RSUD ini. Padahal menurutnya, tingkat kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bekasi cukup tinggi, sehingga tenaga medis seperti spesialis ortopedi sangat dibutuhkan di rumah sakit ini.

RDP Roadshow Jilid 2 Hari Ke-3
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. U.H.P News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger